Categories
Videografi

Perbedaan Apa Itu Videography dan Cinematography

Pasti Anda sering mendengar istilah sinematografi ‘kan? Bagaimana dengan Videografi? Banyak yang beranggapan bahwasanya Videography dan Sinematography itu sama, tidak ada bedanya. Padahal, keduanya sama sekali tidak sama, ada perbedaan, meski hanya sedikit.

Kalau Anda bertanya mana yang lebih dahulu muncul, sinematografi atau videografi? Jawabanya Sinematografi, dia muncul sekitar tahun 1879. Namun, tentu saja, sinematografi zaman dahulu berbeda dengan sinematografi zaman modern ini.

Perbedaan Videography Dan Cinematography

Lalu, bagaimana penjelasan mengenai apa itu videography dan apa itu cinematography, apa perbedaanya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Videography

Apa itu videography? Videografi adalah media untuk merekam suatu kejadian secara sengaja atau tidak yang nantinya akan dirangkum dalam bentuk visual dan audio yang dapat dinikmati secara pribadi atau untuk kalangan umum.

Vidografi sendiri, telah banyak digunakan oleh banyak kalangan untuk kepentingannya masing-masing. Mulai dari perseorangan sampai digunakaan untuk kepentingan kenegaraan. Dapat dipastikan, setiap negara memiliki dokumen sejarah berupa video.

Seiring kemajuan zaman dan teknologi, videografi bisa Anda nikmati dengan berbagai cara dan format. Sampai saat ini, ada dua jenis video yang tersedia yaitu analog dan digital.

Ada beberapa istilah videografi yang patut Anda ketahui, berikut beberapa istilahnya:

1. Aperture Lens

Merupakan lubang variabel untuk mengontrol banyak sedikitnya cahaya masuk yang dipancarkan dari sebuah lensa

2. Multi camera production

Multi camera production merupakan salah satu produksi video secara serentak dengan menggunakan lebih dari satu kamera dan semua kamera itu dihubungkan pada satu pusat kontrol. Nantinya, gambar terbaik dari salah satu kamera akan dipilih bergantian.

3. Back lot

Back lot ini biasanya digunakan sebagai tempat lokasi syuting, berupa bagian dari lingkaran halaman studio film yang bisanya hanya dibangun bagian mukanya saja, seperti, jalan raya dan gedung.

4. Montaj Video

Rangkuman keseluruhan video yang biasanya mengambil masa hanya sekitar lima menit. Di alam montaj, biasanya akan digunakan Teknik dan kesan khas yang menarik dan kreatif.

5. Master Tape

Master tape mrupakan pita asal yang digunkan untuk merekam gambar. Biasanya setelah selseai proses perekaman, sebelum dibuat menjadi VCD atau DVD, pita ini akan disunting terlebih dahulu.

6. Band width

Suatu yang sangat diperlukan untuk saluran televisi atau radio, berupa ukuran kapasitas saluran komunikasi, mengenai jumlah spektrum frekuensi elektromagnetik.

7. Digitally controlled camera

Kamera yang menggunakan microprosessor utamanya sebagai otomatisasi kamera serta untuk menjamin kinerja agar optimal dalam berbagai macam kondisi.

8. Animation

Merupakan cabang pembuatan film dengan hasil gambar tangan atau objek tiga dimensi yang direkam dengan kamera film, dengan usaha untuk mendapatkan ilusi adanya gerak dari objek tersebut.

Cinematography

Anda pasti pernah menonton yang namanya Film. Nah, film itu adalah salah satu produk dari yang namanya Sinematografi. Film sendiri merupakan gambar hidup yang sering juga disebut movie. Film juga sering disebut sinema, sinema itu sendiri bersumber dari kata kinematik atau gerak.

Secara umum sinematografi diartikan sebagai seni membuat gambar bergerak. Jelas pengertian ini adalah pengertian kuno. Untuk zaman sekarang, sinematografi boleh Anda artikan sebagai teknik menangkap atau merekam ‘video’ dan menggabung-gabungkan agar menjadi sebuah rangkaian video yang dapat menyampaikan ide atau pesan yang disampaikan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan perbedaan Apa Itu Videography Dan Cinematography. Kesimpulan yang dapat diambil adalah, videografi merupakan alat untuk merekam, sedangkan Sinematografi adalah teknik untuk pengambilan gambar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *